Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wortel

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wortel – Wortel merupakan tanaman sejenis sayur-sayuran yang sudah dikenal sejak abad pertama di tahun Masehi.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wortel

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wortel

Di zaman dahulunya, para ahli botani membagi tanaman ini ke dalam dua kelompok yaitu kelompok tanaman wortel Timur dan Barat. Wortel Timur dibudidayakan pada abad ke 10, sementara itu Wortel Barat dibudidayakan pada abat ke 15.

Baca Juga :

Tanaman wortel Timur atau Afghanistan memiliki warna putih, ungu, dan kuning. Wortel oranye dikembangkan di Eropa pada masa Renaissance yang dikenal dengan kelompok tanaman wortel Barat atau Belanda.

Keunggulan wortel barat  memiliki tekstur yang lebih lembut dengan aroma yang khas menenangkan seperti yang dikenal hingga saat ini.

Orang-orang terdahulu memanfaatkan tanaman wortel hanya pada bagian daun dan bunganya, tidak seperti saat ini dimana orang-orang sudah memanfaatkan bagian umbi wortel.

Bagian umbi wortel tersebutlah yang memiliki banyak kandungan sumber energi, vitamin, dan hal-hal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat tanaman wortel khususnya umbi, yaitu mengobati dan menjaga kesehatan mata, membuat kulit senantiasa sehat dan bersih karena zat karatenoid yang terkandung didalamnya, menjaga kesehatan otak dan memperkuat daya ingat, mencegah penuaan dini dan melindungi tubuh dari zat-zat berbahaya, memelihara kesehatan janin dan menguatkan kandungan, memperbaiki sistem imun tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mempercepat pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok, dan memelihara kesehatan jantung.

Beberapa khasiat tanaman wortel tersebut dapat dirasakan secara langsung apabila mengonsumsinya secara rutin dengan memasak maupun membuat minuman bernutrisi seperti jus.

Manfaat umbi tanaman wortel tersebut dapat dilihan dari elemen-elemen yang terkandung di dalamnya seperti yang tertera pada tabel berikut ini dalam tingkat konsumsi sejumlah 100 gram.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 41kal
Karbohidrat 9,6g
Air 88%
Protein 0,9g
Gula 4,7g
Serat 2,8g
Lemak 0,2g
Vitamin A 835µg 93%
Vitamin C 5,9mg 7%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,66mg 4%
Vitamin K 13,2µg 11%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,06mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,98mg 6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,27mg 5%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,14mg 11%
Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
Vitamin B12 0µg
Cholin 8,8mg 2%
Kalsium 33mg 3%
Zat Besi 0,3mg 4%
Magnesium 12mg 3%
Fosfor 35mg 5%
Potassium (Kalium) 320mg 7%
Sodium 69mg 5%
Seng (Zinc) 0,24mg 2%
Tembaga (Copper) 0,05mg 5%
Manganese 0,14mg 6%
Selenium 0,1µg 0%

Source: pengetahuanumum.com

Klasifikasi Tanaman Wortel

Seluruh tanaman tergolong dalam kingdom plantae, namun terdapat klasifikasi khusus pada sub kingdom, super divisi, divisi, kelas, sub kelas, ordo, family, genus, dan spesies. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah klasifikasi tanaman wortel.

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliapsida
  • Sub Kelas : Rosidae
  • Ordo : Apiales
  • Famili : Apiaceae
  • Genus : Daucus
  • Spesies : Daucus carota L.

Tanaman wortel tergolong kepada jenis tanaman berpembuluh dengan spesies Daucus carota L. Berdasarkan bentuk umbinya, tanaman wortel terbagi ke dalam tiga jenis yaitu wortel imperator, chantenay, dan nantes.

Morfologi Tanaman Wortel

Tanaman wortel tersusun atas akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Beberapa morfologi tersebut dijabarkan lebih rinci melalui ulasan berikut ini.

  1. Akar

Akar tanaman wortel tergolong ke dalam jenis akar tunggang dimana sebelumnya tergolong pada jenis akar serabut. Akar tanaman wortel tersebut berkembang seiring pertumbuhan dan perkembangan hingga menjadi tempat penyimpanan makanan.

Akar yang berkembang tersebut dinamakan dengan umbi wortel dan umbi inilah yang dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi. Adapun ukuran umbi tanaman wortel yang sehat dikategorikan memiliki panjang 30 cm dengan diameter berukuran 6 cm.

Namun, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh jenis-jenis tanaman wortel yang dibudidayakan.

  1. Batang

Tanaman wortel memiliki struktur batang yang keras bewarna kekuning-kuningan berbentuk bulat dengan ukuran diameter 1 hingga 1.5 cm.

Batang tanaman wortel tidak memiliki cabang namun menjadi tempat melekatnya tangkai daun. Batang tanaman wortel tersebut berfungsi sebagai tempat penyaluran air ke seluruh tubuh tanaman.

  1. Daun

Jenis daun pada tanaman wortel adalah daun majemuk dengan struktur bergaris-garis atau lanset. Daun tersebut memiliki tangkai berukuran panjang berjumlah empat hingga tujuh tangkai daun. Meskipun tangkai daun tersebut bersifat kaku dan tebal, namun memiliki permukaan yang halus.

  1. Bunga

Bunga pada tanaman wortel tumbuh pada ujung tanaman yang menempel pada tangkai yang melengkung. Struktur bunga tersebut berbentuk payung ganda bewarna putih kemerahan.

  1. Biji

Biji pada tanaman wortel dihasilkan dari penyerbukan bunga. Biji tersebut nantinya akkan berfungsi sebagai alat perkembangbiakan generatif.

Baca Juga :

Biji tersebut berukuran kecil dengan ukuran panjang 3 mm dengan lebar 1.5 mm. Biji tanaman wortel   diselimuti bulu dan bewarna kecokelatan.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018