Pengertian Bluetooth Adalah : Fungsi dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pengertian Bluetooth Adalah : Fungsi dan Cara Kerja Bluetooth – Kita tentu sudah tak asing dengan bluetooh.

Pengertian Bluetooth Adalah : Fungsi dan Cara Kerja Bluetooth
Pengertian Bluetooth Adalah : Fungsi dan Cara Kerja Bluetooth

Perangkat yang selalu ada pada smartphone era sekarang ini sangat membantu konsumen dalam menghubungkan antar perangkat elektronik tanpa harus menggunakan kabel data.

Biasanya kita menggunakan bluetooh ketika hendak mentranfser atau menerima data dari perangkat satu ke perangkat lain, baik perangkatnya sama ataupun berbeda.

Bluetooth sendiri menjadi pengganti dari perangkat generasi sebelumnya yaitu infrared. Saat ini bluetooth sudah memiliki beberapa versi, yang terbaru ialah versi ke 5.

Tentunya, peningkatan versi menandakan peningkatan kemampuan atau keunggulannya. Termasuk dengan fungsinya yang sekarang menjadi jauh lebih luas.

Baca Juga :

Pengertian Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi gelombang radio tanpa kabel yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan frequency hopping tranceiver yang memiliki jarak terbatas.

Bluetooth dapat menghubungkan dan melakukan tukar menukar informasi seperti file, audio, foto, hingga video di antara peralatan-peralatan seperti handphone, komputer, tablet, laptop, kamera, handycam, dan lainnya.

Nama bluetooth sendiri dipercaya berasal dari nama raja Denmark pada abad ke-10 yaitu Harald Blatand.

Di Inggris, beliau dijuluki Harald Bluetooth yang menurut infonya lantaran giginya yang berwarna gelap.

Raja Harald ini dalam sejarahnya berhasil memersatukan suku-suku yang sebelumnya terpecah, termasuk wilayah Scania tempat teknologi bluetooth ditemukan juga merupakan daerah kekuasaannya.

Karena kemampuan Raja Herald sebagai pemersatu inilah yang dipercaya menjadi inspirasi penamaan teknologi Bluetooth.

Fungsi Bluetooth

Pada dasarnya Bluetooth diciptakan untuk menggantikan media kabel sebagai perantara agar lebih praktis dan efisien.

Secara umum, fungsi utama yang diketahui memang hanya untuk memindahkan data saja. Tapi ternyata, banyak fungsi lainnya yang bisa diberikan oleh Bluetooth. Bahkan mungkin beberapa belum banyak orang yang menyadarinya, seperti :

  • Untuk Print File

Tinggalkan cara lama untuk mencetak file. Sekarang, printer terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan bluetooth, sehingga tak perlu lagi repot menyambungkan kabel dari laptop ke printer.

Cukup mengaktifkan bluetooth di printer dan perangkat penyimpan file, maka kita sudah bisa mencetaknya dengan mudah dan cepat.

  • Mendengar Musik tanpa Kabel

Biasanya jika ingin mendengar musik dari handphone atau laptop kita menggunakan headset.

Tentunya hal ini membuat pergerakan kita menjadi terbatas. Tapi sekarang sudah berbeda, headset pun sudah dilengkapi dengan bluetooth.

Begitupun speaker, kita tak perlu lagi mencolokkan kabel speaker ke laptop atau pc.

  • Mengkoneksikan Mouse dan Keyboard

Meskipun masih banyak yang menggunakan mouse dan keyboard berkabel, tapi kemudahan kini sudah bisa dirasakan melalui bluetooth.

Mouse dan keyboard keluaran terbaru sudah banyak yang menggunakan bluetooth ini sehingga kita tak perlu direpotkan dengan kabel yang mungkin sering mengganggu.

  • Mengkoneksikan Proyektor

Tak ketinggalan, proyektor juga sudah dilengkapi dengan bluetooth. Kerepotan yang dulu sering terjadi seperti bingung mencolokkan kabel atau jarak protektor dan laptop yang harus dekat, kini tidak perlu lagi dipusingkan.

  • Tethering atau Berbagi Koneksi Internet

Coba cek smartphone kalian!, di menu tethering and portable hotspot biasanya sudah dilengkapi dengan bluetooth tethering. Ini bisa menjadi pilihan ketika hendak berbagi koneksi internet dengan orang lain.

  • Gamepad

Bagi pecinta game, sudah saatnya mengganti gamepad (atau biasa juga disebut stick game) lama dengan gamepad terbaru yang sudah dilengkapi bluetooth.

Tentunya gamepad tanpa kabel akan mempermudah pergerakan pemain sehingga bisa lebih bebas dan fleksibel serta tanpa harus terlalu dekat dengan monitor.

Dari sekian banyak kelebihan bluetooth, tentu masih ada kekurangan. Meskipun demikian, di masa depan mungkin saja kekurangan-kekurangan ini bisa teratasi. Beberapa kekurangan yang masih sering dijumpai ialah seperti :

  • mempunyai frekuensi yang sama dengan gelombang wifi;
  • jika terlalu banyak koneksi, biasanya transfer data menjadi lebih sulit atau lemah;
  • pengiriman data melalui bluetooth masih memungkinkan membawa virus.

Cara Kerja Bluetooth

Bluetooth bekerja menggunakan frekuensi radio. Jaringan bluetooth tepatnya bekerja pada frekuensi 2.402 Giga Hertz sampai 2.480 Giga Hertz.

Karena daya pemancar bluetooth yang rendah, maka tidak akan mengganggu alat-alat elektronik lain seperti televisi dan handphone.

Bluetooth juga menggunakan daya yang sangat kecil sehingga jangakauannya tidak jauh, hanya sekitar 10 meter saja.

Hal ini bisa menguntungkan karena relatif lebih aman dibanding jaringan nirkabel lain seperti wifi.

Ketika diaktifkan, perangkat bluetooth secara otomatis akan mendeteksi dan terhubung satu sama lain hingga dapat berkomunikasi dalam waktu bersamaan.

Mereka tidak akan saling mengganggu karena masing-masing perangkat akan menggunakan salah satu dari 79 saluran yang ada. Teknik inilah yang disebut dengan spread spectrum frequency hopping.

Dan untuk meminimalkan resiko gangguan dan meningkatkan keamanan, kedua perangkat yang terhubung akan mengubah frekuensi secara terus menerus hingga ribuan kali per detiknya.

Baca Juga :

Setelah antar perangkat saling terhubung, mereka membentuk jaringan sendiri seperi mini ad-hoc yang disebut piconet. Satu perangkat akan bekerja sebagai pengontrol jaringan, sedangkan perangkat lain hanya mengikuti instruksi.

Perangkat lain juga bisa bergabung atau meninggalkan piconet yand ada kapan saja.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *