Pengertian, Ciri, Klasifikasi Dan Manfaat Kingdom Plantae

Pengertian Kingdom Plantae : Ciri, Klasifikasi Dan Manfaat Kingdom Plantae – Kingdom Plantae yang kita kenal dengan tumbuhan adalah salah satu organisme eukariotik multiseluler yang memiliki dinding sel dan klorofil.

Pengertian, Ciri, Klasifikasi Dan Manfaat Kingdom Plantae

Pengertian, Ciri, Klasifikasi Dan Manfaat Kingdom Plantae

Klorofil adalah zat hijau daun yang memiliki fungsi untuk berfotosintesis sehingga tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri atau memiliki sifat autotrof.

Baca Juga : Pengertian Gymnospermae

Perbedaan antara Kingdom Plantae dan Kingdom Animalia adalah Kingdom Plantae tidak bisa bergerak bebas seperti Kingdom Animalia.

Ciri Kingdom Plantae

Kingdom Plantae mempunyai ciri-ciri khusus. Ciri-ciri nya adalah sebagai berikut :

  • Kingdom plantae mempunyai selulosa yang tersusun di dinding sel.
  • Memiliki klorofil  ata zat hijau daun yang memiliki fungsi untuk berfotosintesis.
  • Karena kingdom plantae memiliki zat hijau daun atau klorofil, maka dari itu kingdom plantae yang punya sifat autotrof (dapat membuat makanan sendiri) melalui adanya bantuan cahaya sinar matahari.
  • Mempunyai sifat Multiseluler
  • Kingdom plantae bisa menyimpan cadangan makanan dalam bentuk amilum (pati)
  • Dapat mengalami pergiliran keturunan dalam siklus hidupnya.

Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan)

1. Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Tumbuhan lumut adalah suatu kumpulan tumbuhan kecil, hidupnya di darat dan pada umumnya tumbuh ditempat lembab, tidak memilki akar, batang dan daun sejati, dan tidak memilki pembuluh pengangkut (xilem dan floem). (Baca Juga : Pengertian Floem)

Jenis-Jenis Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Tumbuhan lumut terbagi menjadi 3 yaitu : Lumut hati, lumut tanduk dan lumut daun. Untuk Gametofitnya sama dengan lumut hati, dan mempunyai perbedaan di sporofit.

Manfaat dari Tumbuhan lumut (Bryophyta) yaitu : untuk jenis spaghnum bisa dipergunakan untuk obat mata dan kulit, untuk tumbuhan lumut yang hidup di hutan bisa dipergunakan untuk menahan erosi dan penyerapan air.

2. Tumbuhan Paku (Pterydophyta)

Tumbuhan Paku adalah tumbuhan yang telah memiliki akar, batang dan daun sejati, yang berkembang biak dengan spora (kormofita berspora),  memiliki pembuluh angkut xilem dan floem, memiliki klorofil juga, mmepunyai akar serabut.

Klasifikasi : Tumbuhan paku terbagi menjadi 4 kelas, yaitu :

  1. Paku purba (Psilopsida)
  2. Paku kawat (Lycopsida)
  3. Paku ekor kuda (Spenopsida)
  4. Paku sejati ( Pteriopsida)

3. Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

kelompok tumbuhan yang hidup di darat, mempunyai akar, batang dan daun sejati, tracheophyta, autotrof, serta dapat menghasilkan biji.

Ciri-Ciri Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) : Mempunyai bunga/organ biji yang dihasilkan oleh strobilus atau bunga

Jika biji tertutup disebut dengan Angiospermae dan yang terbuka disebut dengan Gymnospermae

Sekarang kita akan membahas apa saja sistem organ yang ada pada tumbuhan kingdom plantaesama halnya dengan manusia, tumbuhan juga mempunyai organ organbedanya dengan tumbuhan manusia mempunyai sistem organ yang lebih kompleks, jika tumbuhan hanya  terdiri dari, batang, akar, bunga, daun.

  1. Akar

Akar pada tumbuhan mempunya fungsi yang sangat penting untuk menyerap air, unsur dan zat zat lainnya. Akar mempunyai fungsi untuk pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri, akar juga dapat menjadi fondasi dari suatu tumbuhan, untuk memperkuat dan memperkokoh dari tumbuhan akan angin dan bahaya lain yang dapat membuat akar tumbuhan tersebut roboh.

  1. Bunga

Bunga dari tumbuhan merupakan alat reproduksi dari tumbuhan itu sendiri.

  1. Batang

Batang pada tumbuhan memppunyai fungsi sebagai pengangkut zat makanan dari akar menuju daun, dan setelah dari daun menuju ke seluruh tubuh tumbuhan itu sendiri. Ada beberapa macam tekstur batang yaitu, keras, berkayu, lunak, rumput, dan lembut.

  1. Daun

Daun mempunyai fungsi sebagai tempat penguapan dan tempat berfotosintesis, dan daun juga merupakan tempat pernapasan dan menyerap matahari.

Manfaat Kingdom Plantae

Kingdom plantae atau tumbuhan ini mempunyai banyak banyak manfaat loh untuk kehidupan manusia sehari-hari, ini diantaranya :

  1. Makanan

Hampir semua nutrisi manusia adalah berasal dari tumbuhan. Seperti, padi, gandum. Dan ada juga makanan seperti umbi, singkong dan kentang. Manusia juga mengkonsumsi sayuran, rempah, buah, kacang-kacangan yang jelas dari tumbuhan asalnya.

Minuman juga ada yang beberapa dibuat dari tumbuhan yaitu, kopi, wine, the dan minuman alkohol lainnya. Gula dari tebu dan madu yang asalnya adalah dari bunga. Minyak goreng dari jagung, kelapa sawit, zaitun, nabati, bunga matahari.

  1. Produk Bukan Makanan

Dapat juga dipergunakan untuk kebutuhan suatu produk seperti meubel dan penghasil kerajinan lainnya, cat minyak, kertas.

  1. Fungsi Estetika

Dapat juga digunakan untuk penghias rumah atau bahkan dapat dijadikan kreasi seni lainnya.

Demikianlah pengertian tentang kingdom plantae atau yag dikenal dengan tumbuhan. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari artikel tentang pembahasan tumbuhan ya.

Baca Juga : Pengertian Spermatophyta

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *