Pengertian, Ciri Dan Klasifikasi Spermatophyta ( Tumbuhan Berbiji )

Diposting pada

Pengertian Spermatophyta : Ciri Dan Klasifikasi Spermatophyta – Spermatophyta merupakan jenis tumbuhan yang asalnya dari biji-bijan. Spermatophyta atau dikenal dan biasa disebut dengan tumbuhan berbiji ialah salah satu jenis tumbuhan berpembuluh (Trakheophyta) karena mempunyai biji adalah salah satu ciri khas dari tumbuhan berbiji (Spermatophyta).

Pengertian, Ciri Dan Klasifikasi Spermatophyta ( Tumbuhan Berbiji )
Pengertian, Ciri Dan Klasifikasi Spermatophyta ( Tumbuhan Berbiji )

Spermatophyta bisa menghasilkan bunga maka dari itu tergolong kedalam jenis anthophyta. Dan bunga dari tumbuhan berbiji mempunyai fungsi sebagai alat reproduksi guna meghasilkan biji.

Baca Juga :

Pada bunga yang menghasilkan gamet jantan disebut dengan benangsari dan bunga yang dapat memberikan hasil gamet betina disebut dengan putik.

Embrio dapat ditemukan didalam biji dari tumbuhan, dan biji adalah tempat tumbuhan melakukan perkembangbiakan secara agar menghasilkan tumbuhan-tumbuhan atau tunas baru.

Spermatophyta termasuk kormophyta karena spermatophyta mempunyai akar, batang dan daun sejati. Spermatophyta pada umumnya hidup didarat namun dapa juga ditemukan didaerah yang berair atau perairan, ditemukan mengapung contoh teratai. (Baca : Morfologi Tanaman Teratai)

Nama spermatophyta ini berasal dari bahasa yunani, yang artinya dibagi menjadi dua bagian yaitu sperma dan phyta yaitu biji dan tumbuhan.

Ciri Spermatophyta

Tumbuhan berbiji atau disebut Spermatophyta mempunyai ciri-ciri dan struktur sebagai berikut :

  • Spermatophyta mempunyai ukuran makroskopis dan ukurannya beragam.
  • Spermatophyta memiliki akar, batang dan daun yang sejati.
  • Spermatophyta memiliki sifat autotrof yaitu bisa menghasilkan makanannya sendiri dengan melewati proses fotosintesis, tetapi lain halnya pada tumbuhan berbiji yang mempunyai sifat parasit, karena tumbuhan berbiji parasit tidak dapat berfotosintesis.
  • Spermatophyta mempunyai dinding sel, tergolong organisme multiseluler dan eukariotik.
  • Spermatophyta memiliki sistem reproduksi dengan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  • Spermatophyta memiliki generasi sporofit yang sangat kompleks dibandingkan lumut dan paku, dan alat perkembangbiakannya ada pada organ bunga, sedangkan tumbuhan paku belum terbentuk menjadi bunga.
  • Spermatophyta mudah sekali dibedakan dengan jelas pada bagian akar, batang dan juga daun.
  • Spermatophyta berkembangbiak dengan cara aseksual dan juga seksual.
  • Spermatophyta mempunyai jaringan pembuluh yang beragam dan terdiri dari floem, mempunyai fungsi untuk membawa makanan yang asalnya dari daun menyebar ke seluruh tanaman, dan xylem yang mempunyai fungsi untuk mengangkut air mineral dari dalam tanah keseluruh tanaman.

Klasifikasi Spermatophyta

Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji) pada umumnya telah  dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Gymnospermae dan Angiospermae. Mari kita simak klasifikasi dari tumbuhan berbiji ini.

1. Gymnospermae

Apa itu gymnospermae ? gymnospermae adalah bahas latin, gymnos yang  memiliki arti telanjang atau terbuka dan spermae artinya biji. Secara keseluruhan gymnospermae mempunyai arti yaitu tumbuhan berbiji terbuka. Mengapa dipanggil dengan sebutan tumbhan berbiji terbuka ?

Karena Tumbuhan ini memiliki biji yang tidak tertutup, mau itu daging buah, kulit atau apapun yang membuatnya tertutup. Contoh jenis tumbuhan berbiji terbuka ialah : pinus merkusii mempunyai ciri daun yang bentuknya kerucut dan seperti jarum. Lalu ada melinjo, tanaman ini mempunyai banyak batang dan cabang, bunganya berjenis tunggal daunnya pun tunggal.

Ciri-ciri dari tumbuhan beriji terbuka atau angiospermae yaitu :

  • Bakal bijinya tidak dilindungi oleh daging, buah atau apapun yang membuat biji tumbuhan itu tertutup. mempunyai pohon yang sangat besar, perdu atau tumbuhan yang merambat atau panjat dan tumbuhan yang tidak berkayu. Bentuk daunnya besar, lebar dan tipis memiliki bentuk yang bervariasi.
  • Pada umumnya mempunyai akar yang berbentuk akar tunggang, dan tumbuhan  berbiji terbuka ini mempunyai berkas untuk mengangkut floem dan xylem.
  • Mempunyai bentuk daun yang seperti jarum dan ada sisik,bentuknya kerucut.
  • Tumbuhan berbiji terbuka ini tidak mempunyai bunga yang sebenarnya. Pada tumbuhan berbiji terbuka ini mempunyai alat kelamin jantan dan betina didalam satu pohon, tetapi ada juga yang terpisah.

2. Angiospermae

Apa itu angiospermae ? Angiospermae berasal dari Bahasa Yunani, yaitu angios yang memiliki arti “tertutup” dan spermae adalah “biji”.

Jadi Angiospermae ialah tumbuhan yang dapat menghasilkan biji tertutup. mengapa disebut seperti itu ? karena mempunyai biji yang tertutup dengan daging buah tersebut.

Contoh jenis tumbuhan berbiji tertutup ialah : tumbuhan berbiji keping satu atau yang disebut monokotil contoh, bawang merah, kurma rumput, mempunyai tulang daun yang lengkung sejajar dengan bunganya.

Dan ada juga tumbuhan berbiji keping dua atau dikotil yaitu bunga mawar, ketang, tomat, talas. Bentuk daun nya menjari, akar tunggang dan bentuk bunga yang tidak beraturan.

kebanyakan tumbuhan angiospermae mempunyai bunga. jenis tumbuhan angiospermae ini yang mempunyai jenis yang paling banyak, kurang lebih ada sekitar 300.000 spesies yang ditemukan. Tumbuhan jenis angiospermae ini penting dan baik untuk manusia dan juga hewan karena menjadi sumber makanan.

Demikianlah artikel kali ini yang telah membahas pengertian, ciri-ciri dan klasifikkasi tentan tumbuhan berbiji yang disebut dengan Spermatophyta. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Turunan Biji Tunggal

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *