Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Tes Formatif

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Tes Formatif – Seorang siswa yang telah mengikuti pelajaran tidak boleh didiamkan begitu saja. Harus ada penilaian dari guru untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa pada pelajaran tersebut. Nah dari sinilah masuk peran pengujian yang disebut dengan istilah tes.

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Tes Formatif

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Tes Formatif

Jika pembelajaran tidak diakhiri dengan tes atau penilaian, guru tidak akan pernah tahu, bagaimana pandangan pemikiran siswa terhadap materi yang diajarkan.

Baca Juga :

Kesannya, guru hanya memberikan materi saja. Urusan siswa paham tidak paham itu bukan masalah. Tentu asumsi seperti ini salah besar.

Atas dasar itulah, setiap sekolah diwajibkan untuk memberikan penilaian atau tes yang dikenal dengan istilah tes formatif. Pertanyaannya adalah apakah pengertian tes formatif?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak artikel ini yang kami ulas tentang tes formatif lengkap dengan tujuan dan manfaatnya.

PENGERTIAN TES FORMATIF

Tes formatif adalah penilaian. Penilaian yang dimaksud adalah aktifitas melihat kemampuan siswa dengan cara memberikan berbagai pengujian ketika pembelajaran baru saja diberikan. Tujuannya adalah untuk mengukur kepemahaman siswa terhadap satu materi ajar yang diberikan.

Biasanya tes ini diberikan di akhir materi atau diberikan setiap satu minggu sekali yang dikenal dengan istilah ulangan mingguan. Bentuk bentuk tes formatif yang diberikan biasanya berbentuk tes lisan, tes tulis, unjuk karya dan lain lain.

Nah dari deskripsi diatas bisa ditarik kesimpulan kalau pengertian tes formatif adalah penilaian yang dilakukan oleh guru di akhir pembelajaran dalam bentuk penilaian tes tulis, lisan dan unjuk karya demi tujuan untuk melihat pemahaman siswa terhadap pelajaran yang diberikan di hari itu saja.

TUJUAN TES FORMATIF

Tes formatif dilakukan demi tercapainya tujuan tertentu. Tujuan tujuan ini memiliki faedah besar selain bagi siswa tetapi juga bagi si guru itu sendiri. Berikut ini kami list tujuan tujuan tersebut, yaitu :

  1. Agar Guru Memiliki Dasar Untuk Tindak Lanjut Pembelajaran

Dengan adanya tes formatif, guru bisa mengetahui apakah metode ajar yang telah dilakukan berhasil atau sebaliknya. Jika setelah dilakukan tes formatif, ternyata masih ditemukan berbagai kegagalan kegagalan pemahaman siswa, tentu di pelajaran berikutnya metode ajar bisa dirubah, direvisi atau ditambahkan metode lain.

  1. Agar Siswa Memiliki Semangat untuk Konsentrasi Secara Penuh Pada Pembelajaran

Ketika guru selalu memberikan tes formatif di setiap akhir pembelajaran, tentu siswa akan lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran hingga selesai.

Mereka takut ketika tes formatif dimulai, justru mereka tidak bisa menjawab yang artinya mereka bisa mendapatkan punishment atau bully dari teman temannya.

  1. Agar Guru Memiliki Landasan untuk Melakukan Assesment

Dengan adanya tes formatif, guru bisa melakukan assesment atau penilaian kemampuan siswa dengan lebih mudah. sehingga, di pembelajaran selanjutnya, metode pembelajaran yang diberikan lebih tepat sasaran dengan memperhitungkan IQ secara personal.

  1. Agar Ada Bahan Pengulangan Ajar untuk Siswa DI Rumah

Tes formatif berisi soal soal yang dibacakan dalam bentuk tes lisan atau dituliskan dalam bentuk tes tulis. Nah, sesampainya di rumah, materi yang diujikan bisa diulang kembali dengan bantuan atau bimbingan orang tua.

Itu artinya, siswa memiliki bahan belajar yang konkrit sehingga orang tua tidak kebingungan lagi tentang materi apa yang bakal dipelajari oleh anaknya di rumah.

MANFAAT TES FORMATIF

Ada beberapa manfaat manfaat diberikannya tes formatif yang sistematis, asosiatif dan kontinue. Ini dia manfaat manfaat tersebut yang kami bagi menjadi dua yaitu manfaat bagi siswa dan manfaat bagi guru.

a). Manfaat bagi Siswa

Ini dia manfaat manfaat dilakukannya tes formatif bagi siswa, yaitu :

  1. Membuat Siswa lebih Fokus dalam Belajar
  2. Siswa Tidak Merendahkan Pelajaran Tertentu
  3. Ada pemilahan materi ajar yang bisa dijadikan objek belajar siswa tanpa harus membuka berlembar lembar buku.
  4. Siswa Rutin Belajar Di Rumah
  5. Siswa Terbiasa Berpikir dan berkarya
  6. Siswa sadar kemampuan otaknya sendiri

b). Manfaat Bagi Guru

Setelah anda mengetahui manfaat tes formatif bagi para siswa, berikut ini kami list manfaat tes formatif untuk para guru gurunya, yaitu :

  1. Guru bisa mencoba berbagai metode ajar
  2. Guru bisa membedakan karakteristik dan kemampuan anak secara personal
  3. Guru tidak kesulitan ketika menggarap raport
  4. Ada pertanggung jawaban guru kepada kepala sekolah tentang hasil belajar
  5. Menjadi bahan evaluasi kelulusan atau kenaikan kelas
  6. Guru memiliki bukti konkret penilaian ketika diminta oleh wali siswa atau orang tua

Nah, dengan melihat narasi narasi diatas, tentu tes formatif amat sangat dibutuhkan oleh siswa dan guru. Bahkan kegiatan ini wajib dilakukan setiap akhir pelajaran. Ya minimal 15 menit sebelum pelajaran usai.

Baca Juga :

Itulah pengertian tes formatif yang kami lengkapi dengan manfaat dan tujuan di terapkannya kepada siswa.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018