Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Fungsi, Manfaat dan Teknik Pengajaran Kosa Kata

Pengertian Fungsi, Manfaat dan Teknik Pengajaran Kosa Kata – Anak yang baru lahir, biasanya dia juga membawa jutaan kosakata di dalam otaknya.

Sehingga, bayi yang lahir di Amerika tidak mungkin kosa kata yang keluar dari mulutnya menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Arab. Pasti dia mengeluarkan kosa kata berbahasa Ingris.

Pengertian Fungsi, Manfaat dan Teknik Pengajaran Kosa Kata

Pengertian Fungsi, Manfaat dan Teknik Pengajaran Kosa Kata

Begitu juga bayi yang lahir di Madura, tidak mungkin kosa kata yang ia perdengarkan adalah bahasa jawa. Mereka akan menggunakan bahasa madura sebagai sarana untuk berkomunikasi.

Barulah pada masa usia sekolah, bayi bayi tersebut mulai mengetahui bahasa nasionalnya atau bahkan bahasa asing yang mereka pelajari di sekolahnya.

Baca Juga :

Nah jika membaca argumen diatas tentu, pengajaran kosa kata masih perlu untuk diajarkan kepada anak anak. Atas dasar itulah, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan tentang pengajaran kosa kata yang kami mulai dari pengertian, fungsi dan tujuan serta tehnik mengajarkan kosa kata yang termudah.

PENGERTIAN KOSA KATA

Kosa kata adalah perbendaharaan kata kata. Biasanya kosa kata antara negara yang satu dengan negara lain bahkan antara daerah yang satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan.

Tapi tidak tertutup kemungkinan ada beberapa kosa kata yang mengambil dari kosa kata daerah lainnya. Seperti kata mesin di Indonesia ternyata mengambil kata Machine dari Bahasa inggris.

Kosa kata adalah syarat terjadinya komunikasi manusia di dunia. Tanpa kosa kata, kita akan terlempar pada jaman purba ketika komunikasi terbatas pada pengiriman sandi sandi tertentu.

Kosa kata ketika masuk ke dalam ranah budaya suatu daerah, biasanya terbatas pada berbagai macam aturan atau kaidah yang disebut dengan ejaan.

Jika ejaan ini mereka langgar, mereka akan mendapat sanksi adat seperti pengucilan hingga penghinaan dan mereka menjadi terhukum sebagai orang yang tidak sopan.

Setelah mencermati narasi latar belakang diatas, pengertian kosakata bisa dikerucutkan menjadi sekumpulan kata kata yang digunakan oleh masyarakat di daerah tertentu sebagai sarana berkomunikasi yang tarikat dengan aturan aturan ejaan.

FUNGSI PENGAJARAN KOSAKATA

Ingat! Kosakata adalah ribuan bahkan jutaan kata kata yang terikat pada ejaan. Jika anda melanggar ejaan tersebut, siap siap sajalah mereka akan menganggap anda sebagai orang yang tidak sopan, tidak beradap hingga kurang ajar.

Maka dari itu, mengajarkan kosakata sejak dini adalah langkah tepat untuk mencegahnya.

Berikut ini kami akan menuliskan beberapa fungsi pengajaran kosakata yang layak diperhatikan oleh para guru dan orang tua, yaitu :

  1. Mengajarkan anak berbicara baik dan sopan
  2. Meningkatkan rasa cinta anak pada budaya sendiri termasuk budaya berbahasa
  3. Membantu kelancaran Proses komunikasi anak dengan orang lain
  4. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di depan Umum
  5. Menambah perbendaharaan kosa kata anak.
  6. Mencegah anak Berbahasa vulgar dan sarkas tanpa etika

Nah, setelah anda mengetahui fungsi fungsi pengajaran kosakata pada anak, masihkah kita membiarkan mereka berbicara ngalor ngidul seenaknya sendiri? Tentu tidak bukan!

MANFAAT MANFAAT PENGAJARAN KOSA KATA

Setelah fungsi fungsi pengajaran kosa kata tercapai, tentu manfaat manfaat pengajaran kosa kata juga bermunculan. Manfaat manfaat inilah yang membuat kita merasa bangga dengan anak anak kita.

Inilah dia manfaat manfaat pengajaran kosa kata yang kami maksud tersebut, yaitu :

  • kata Kata anak lebih sopan dan beretika
  • Masyarakat menjadi lebih disegani
  • Pergaulan lebih harmonis terbebas dari konflik
  • Budaya mengakar semakin kuat dan tahan lama
  • Mampu berkomunikasi dengan berani, lantang dan tidak ragu ragu
  • Pola pikir menjadi jernih

Dan masih banyak lagi manfaat manfaat pengajaran kosakata yang lainnya.

TEHNIK PENGAJARAN KOSA KATA

Tehnik pengajaran kosakata yang lebih sistematis hendaknya terprogram secara serius di sekolah sekolah. Karena sekolahlah lembaga yang bisa memaksa siswa untuk mengikuti pengajaran kosa kata tanpa penawaran penawaran apapun. Tentu berbeda dengan pengajaran di rumah, anak merasa capek saja, pengajaran langsung terbatalkan.

Pengajaran kosa kata disekolah harus menggunakan tehnik yang tepat. Sehingga tidak hanya tujuan dan manfaat bisa tercapai, kegiatan pembelajaran juga harus efektif, efisien dan menyenangkan. Nah, ini dia tehnik pengajaran kosakata yang bisa dilakukan di sekolah, yaitu :

  1. Memperdengarkan Bunyi Kosakata

Tehnik yang pertama adalah memperdengarkan bunyi kosa kata baik melalui radio ataupun televisi. Tujuannya adalah supaya anak mengenal terlebih dahulu kata kata yang ejaannya benar serta bisa mengidentifikasi kata kata yang ejaannya salah.

  1. Menunjukkan Efek atau Sanksi

Cara yang kedua ini anda bisa memanfaatkan video, slide yang berisi tentang efek atau hukuman terhadap orang yang berkomunikasi dengan ejaan yang salah. Diharapkan cara ini bisa membuat anak merasa takut untuk melakukan kesalahan kesalahan tersebut.

  1. Identifikasi Makna Kosa Kata

Jika ada kosa kata yang memiliki ejaan ganda, satu ejaan untuk orang yang lebih tua sedangkan yang kedua, ejaan untuk anak anak, maka jelaskanlah keduanya. Dalam tehnik ini seorang guru bisa menggunakan media kartu warna yang didalamnya tertulis kosa kata tersebut.

  1. Mencoba Bersama Sama

Tehnik yang terakhir adalah mencoba bersama sama guru dengan murid berkomunikasi menggunakan ejaan yang benar. Siapa yang melanggar mendapat hukuman seperti menyanyi di depan kelas, menyiram bunga atau mengambil sampah.

Baca Juga :

Itulah tehnik pengajaran kosakata lengkap dengan manfaat dan fungsinya. Silahkan terapkan tehnik tersebut di sekolah atau di rumah. Tetapi jangan lupa pastikan metode ajar yang anda terapkan menyenangkan dan disukai oleh anak maupun siswa.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018