Pengertian, Tujuan, Bentuk dan Hasil Akomodasi

Pengertian, Tujuan, Bentuk dan Hasil Akomodasi – Anda pernah mendengar istilah akomodasi? Apa anda sepakat dengan kami kalau istilah akomodasi cukup unik karena bisa disematkan pada dinamika dinamika kehidupan seperti sosial, psikologi, teori konflik hingga masalah penginapan dan tempat wisata?

Pengertian, Tujuan, Bentuk dan Hasil Akomodasi

Pengertian, Tujuan, Bentuk dan Hasil Akomodasi

Nah, demi mencegah pembiasan definitif tentang akomodasi yang sebenarnya, maka perlu kiranya kami jelaskan secara rinci tentang pengertian akomodasi.

Baca Juga :

Agar pemahaman kita lebih lengkap, maka penjelasan makna istilah ini akan kami tambahkan dengan uraian tentang tujuan dan jenis jenis akomodasi.

PENGERTIAN AKOMODASI

Menurut Ilmu sosial akomodasi adalah suatu cara atau solusi untuk mengatasi masalah masalah sosial. Sedangkan menurut telaah konflik, akomodasi merupakan tindakan resolusi pada dua individu atau kelompok yang sedang bertikai.

Lain lagi menurut ilmu psikologi. Menurut ilmu kejiwaan ini, akomodasi adalah penyesuaian tingkah laku manusia untuk menghindari masalah masalah yang mengganggu kejiwaannya.

Sedangkan menurut ilmu pariwisata yang berkaitan dengan perhotelan, sarana rekreasi, maka makna akomodasi adalah penyesuaian perangkat wisata demi menambahkan kenyamanan para wisatawan.

Nah, kami mencoba menyimpulkan arti akomodasi menurut beberapa pengertian diatas adalah akomodasi merupakan pemberian bentuk bentuk penyesuaian dari pihak pihak tertentu yang menjadi solusi terhadap terjadinya ketaknyamanan personal dan kelompok sehingga kehidupan mereka lebih indah, aman dan memuaskan.

TUJUAN TUJUAN AKOMODASI

Akomodasi diberikan dengan maksud dan tujuan tertentu. Tentunya, tujuan dan maksud tersebut adalah untuk menimbulkan kenyamanan, kepuasan dan ketenangan orang lain. Berikut ini kami list tujuan tujuan akomodasi secara lengkap, yaitu :

  1. Mencegah Terjadinya Konflik yang lebih besar
  2. Menjamin Kelengkapan kelengkapan kebutuhan individu di tempat tempat yang baru
  3. Menjaga keamanan dan ketenangan personal sebagai haknya yang hakiki
  4. Pengakuan terhadap manusia sebagai insan yang memiliki jiwa
  5. Meningkatkan prestisius dan nama baik si pemberi akomodasi
  6. Menyatukan Kembali Kelompok sosial yang terpisah
  7. Menjamin keadilan hak antar sesama

Nah, jika kita melihat tujuan tujuan diatas, tentu kita berharap pemerintah menjadi pemberi akomodasi terbaik lewat regulasi regulasi yang merakyat dan mengedepankan penyelesaian terhadap konflik, kebutuhan manusiawi, pasal kejiwaan, pembangunan infrastruktur yang tepat dan lain lain.

BENTUK BENTUK AKOMODASI

Bentuk bentuk akomodasi bisa kami jabarkan secara padat seperti yang kami ulas di bawah ini yaitu :

  1. Coercion

Corcion adalah bentuk akomodasi yang prosesnya mengutamakan paksaan diakibatkan oleh salah satu pihak yang bertikai berada pada status yang lemah.

  1. Kompromi

Kompromi adalah bentuk akomodasi yang mana pihak yang bertikai atau yang sedang marah, menurunkan tensi kemarahannya supaya bisa terjalin mediasi dan resolusi yang membuat masalah serta konflik selesai.

  1. Arbitrasi

Arbitrasi adalah bentuk akomodasi yang sama dengan kompromi tetapi perbedaannya adalah pihak pengkompromi diambil dari kalangan independen atau pihak ketiga. Arbitrasi ini di lakukan jika pihak yang bertikai tidak mampu mengkompromikan dirinya sendiri.

  1. Konsiliasi

Konsiliasi adalah bentuk akomodasi yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan cara mengumpulkan berbagai permintaan dari pihak pihak yang bertikai. Diharapkan keterkabulan permintaan mereka menjadi solusi.

  1. Toleransi

Toleransi adalah bentuk akomodasi yang mana di dalam penyelesaian konflik tidak terjadi kebulatan mufakat, tetapi salah satu pihak diharapkan bersedia mengalah dengan alasan tertentu.

  1. Stalemate

Stalemate adalah bentuk akomodasi yang mana pihak paling marah dan penentang secara sadar menghentikan ujaran kemarahannya akibat kekuatan lawan yang setara

  1. Balance Accomudir

Bentuk akomodasi ini adalah memberikan fasilitas dan kenyamanan yang sama kepada pihak yang bertikai. Diharapkan akomodasi tersebut bisa membuat situasi kembali kondusif. Pengertian ini bisa ditarik pada keputuan penyedia tempat wisata untuk memberikan berbagai fasilitas yang sama diantara semua pelanggannya.

  1. Ajudikasi

Bentuk akomodasi yang terakhir adalah ajudikasi. Ajudikasi adalah suatu proses penyelesaian masalah di meja hijau yang melibatkan pemerintah dalam hal ini hakim, jaksa dan lain lain.

HASIL AKOMODASI

Hasil akomodasi merupakan perubahan perubahan perilaku manusia ketika tujuan akomodasi telah diberikan secara penuh, seksama dan tepat. Ini dia list hasil akomodasi secara lengkap, yaitu

  1. Interaksi sosial kembali normal dan harmonis
  2. Keadilan hak personal merata
  3. Pandangan positif rakyat pada pemerintahnya
  4. Jiwa manusia terpuaskan dan haknya terpenuhi
  5. Bersedia melaksanakan kewajiban kewajiban
  6. Masyarakat lebih tenang ketika berhadapan dengan konflik
  7. Konflik dan kesemrawutan bisa diminimalkan.

Nah, jika anda sudah tahu tujuan dan hasil dari diberikannya akomodasi, maka saran kami ciptakan akomodasi akomodasi terbaik di lingkungan masyarakat sehingga tujuan masyarakat adil dan makmur bisa terlaksana.

Baca Juga :

Itulah pengertian akomodasi lengkap dengan bentuk bentuk, tujuan dan hasil dari akomodasi tersebut. semoga artikel ini membuat anda semakin mantap untuk mencari solusi permasalahan dengan mendatangkan akomodasi akomodasi terbaik.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *