Pengertian Cerita Fiksi

Pengertian Cerita Fiksi – Sastra Indonesia sangat beragam, salah satunya adalah fiksi. fiksi merupakan salah satu dari karya sastra.

Pengertian, Jenis dan Contoh Cerita Fiksi

Pengertian, Jenis dan Contoh Cerita Fiksi

Anda juga perlu tahu jika karya juga terbagi dua yakni karya sastra nonfiksi dan juga fiksi. Jika anda melihat untuk pengertian karya sastra nonfiksi merupakan karya sastra yang ditulis dari berbagai hasil kajian dalam keilmuan dan juga pengalaman – pengalaman.

Baca Juga :

Adapun pengertian dari karya sastra fiksi meupakan cerita rekaan ataupun bisa disebut juga dengan cerita khayalan. Hal tersebut merujuk bahwa sertiap karya fiksi adalah karya naratif yang isinya sendiri tidak menyarankan terhadap kebenaran sejarah.

Adapun prosa pada kayar fiksi, dimana prosa yang memang sejajar dengan istilah fiksi dalam arti rekaan bisa diartikan sebagai karya naratif yang akan menceritakan segala sesuatu yang bersifat rekaan semata, memang tidak sungguh – sungguh terdapat pada dunia nyata.

Tokoh, peristiwa serta latar yang terdapat pada fiksi tersebut bersifat imajiner. Tentu hal ini akan berbeda dengan karya yang nonfiksi.

Apalagi dalam nonfiksi tokoh,  peristiwa, dan latar yang bersifat faktual atau bisa  dibuktikan kedalam dunia nyata secara empiris.

Tentunya sebagai kaya yang imajiner, fiksi juga akan menawarkan berbagai permasalahan – permasalahan pada manusia dan kemanusiaan atau hidup dan kehidupan.

Adapun pengarang itupun menghayati berbagai permasalahan – permasalahan yang  demikian dapat dilakukan dengan penuh kesungguhan yang bisa diaplikasikan dalam melalui sarana – sarana fiksi yang sesuai dengan apa yang telah di pandangnya.

Fiksi merupakan cerita atau latar belakang yang memang telah bersumber dari imajinasi sehingga  dengan kata lain memang tidak secara ketat berdasarkan sejarah maupun fakta.

Tentu memang pada umumnya fiksi dapat juga diekspresikan kedalam bentuk dan juga beragam format, misalnya adalah dapat berupa tulisan, pertunjukan – pertunjukan langsung, acara televise, film, video permainan video, dan juga permainan peran.

Memang pada awalnya sendiri istilah ini kerap lebih sering dipergunakan dalam berbagai bentuk sastra naratif khususnya dalam sebuah novel, novella, sandiwara maupun cerita pendek. Selain itu juga fiksi telah banya sekali  dipergunakan dalam arti paling sempit dalam segala narasi sastra.

Adapun pengertian dari prosa fiksi yakni rangkaian – rangkaian cerita yang telah diperankan dengan sejumlah pelaku dalam urutan – urutan peristiwa tertentu dan memang telah bertumpu pada latar tertentu juga sebagai hasil dari imajinasi seorang pengarang.

Nah dengan demikian, maka bisa dikatan jika proses penciptaan prosa fiksi merupakan hasil kerja imajinasi yang memang tertuang dalam bentuk lisan atau bentuk tulisan.

Dari beberapa penjelasan terkait hal diatas maka pengertian fiksi sendiri merupakan karya yang berbentuk naratif dan juga disebut dengan teks naratif maupun narrative text dan juga wacana naratif atau nama lainnya adalah narrative discourse. (Baca Juga : Pengertian Wacana)

Beberapa ahli sastra telah menyimpulkan pengertian – pengertian fiksi seperti :

  • Menurut Abrams

fiksi adalah sebuah cerita rekaan ataupun cerita khayalan, sebuah karya naratif yang tidak menyaran pada kebenaran sejarah.

  • Menurut fiksi Alternbernd dan Lewis

Menurut Alternbernd dan Lewis bahwa pengertian fiksi sendiri yaitu menyajikan permasalahan – permasalahan pada  manusia dan kemanusiaan, hidup dan kehidupan.

  • Wellek dan Warren

pengertian fiksi merupakan bangunan struktur yang koheren, dan tetap mempunyai tujuan – tujuan yang estetik.

  • Adapun pengertian fiksi Menurut Nurgiantoro

Definisi fiksi merupakan sebuah prosa naratif yang tentunya memiliki sifat yang sangat imajinatif. Namun kadang masuk akal dan mengandung kebenaran yang tentunya dapat  mendramatisasikan hubungan – hubungan antarmanusia tersebut.

  • Pengertian fiksi menurut Rocky Gerung

Fiksi adalah sebah fiction, dan itu berbeda dengan fiktif dalam Bahasa yunani berarti ‘akhir’, ‘tujuan’, atau ‘sasaran’. fiksi amerupakan energi guna dapat mengaktifkan imajinasi.

Seperti halnya kimianya sama ada di dalam tubuh sama, dan kemudian jenis hormon yang diproduksi dalam tubuhnya pun sama.

Lalau apakah hubungannya antara kata fiksi dan fiktif? Adapun fiksi sendiri termasuk kedalam jenis kata benda, sementara fiktif merupakan jenis kata sifat atau adjektiva.

Adapun tugas  kata sifat ‘fiktif’ sendiri adalah menerangkan atau sifat kata benda ‘fiksi’.   Sedangakan menurut KBBI V, fiktif itu pastinya berarti bersifat fiksi, dimana terdapat  sesuatu yang hanya  dalam khayalan.

Jenis Fiksi

Yang disebut dengan jenis fiksi sastra dalam prosa termasuk kedalam cerita pendek dimana mengandung pengertian karya dengan setidaknya 2,000 kata namun tentunya diatas 7,500 kata. Adapun batasan – batasan antara cerita pendek  dan juga panjang dengan novella terlihat tidak begitu jelas.

Baca Juga :

Novella sendiri berarti karya dengan setidaknya 17,500 kata namun masih dibawah 50,000 kata. Misalnya ada karya Joseph Conrad bertajuk Heart of Darkness ( pada tahun 1899), ini merupakan contoh dari novella.

Sedangakan Novel sendiri adalah karya dengan 50,000 kata atau bahkan lebih.

Yah begitulah informasi mengenai pengertian fiksi, jenis, contoh & arti yang diterangkan juga menurut para ahli. Tentunya semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terlebih lagi agar dapat menambah pengetahuan kita.

Baca Juga : Pengertian Teks Cerita Fantasi

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *