Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Dampak, Proses, Dan Contoh Globalisasi

Pengertian, Dampak, Proses, Dan Contoh Globalisasi – Kita begitu mudah menyebutkan kata globalisasi. Padahal terkadang kita tidak mengetahui apa arti dari istilah tersebut.

Pengertian, Dampak, Proses, Dan Contoh Globalisasi

Pengertian, Dampak, Proses, Dan Contoh Globalisasi

Memahami globalisasi secara lengkap bisa menempatkan posisi kita di dalam peradaban. Sebaliknya, ketakpahaman kita tentang globalisasi, terkadang membuat kita terlempar dari kehidupan. pertanyaannya adalah apakah globalisasi tersebut?

Baca Juga :

Di jaman globalisasi, persaingan antar manusia di setiap dinamika berkehidupan semakin keras. Hal ini disebabkan oleh tuntutan tuntutan perkembangan dunia yang semakin dinamis berkembang.

Pada masa globalisasi pula, kita harus mewaspadai berbagai aktivitas aktivitas menggiurkan tetapi efeknya justru membuat kita mengalami degradasi moral, kepribadian, etika dan budaya.

Bukan itu saja, di jaman globalisasi instrumen dan perlengkapan untuk mempermudah aktivitas aktivitas manusia dalam kehidupannya sehingga manusia mampu mengembangkan potensi dirinya sendiri secara cepat bahkan secara instan.

Nah, dari analisis diatas, pertanyaan kita akan semakin kuat kita teriakkan tentang mahluk apakah yang bernama globalisasi tersebut? untuk itulah, artikel kali ini akan mengupas tentang globalisasi.

PENGERTIAN GLOBALISASI

Globalisasi diambil dari kata “ globalization” yang terdiri dari dua istilah Global dan lization. Dari unsur frase diatas, bisa ditarik arti kata etimologi dalam globalisasi adalah sistem yang telah mendunia.

Sistem yang telah mendunia tersebut menempatkan dinamisasi teknologi dan ilmu pengetahuan sebagai jenderal utama.

Sasaran dari sistem globalisasi ini adalah untuk melancarkan aktivitas manusia dalam rangka berjual beli, berinteraksi sosial, meningkatkan budaya dan kebudayaan serta informasi terkini tentang semua hal yang ada di dalam dunia.

Sedangkan tujuan dari globalisasi adalah untuk menjadikan manusia lebih makmur, berdaya saing dan lebih bermartabat.

Nah setelah membaca sekilas tentang uraian globalisasi diatas, maka kami asumsikan kalau pengertian globalisasi adalah sistem dunia yang berbasis iptek demi melancarkan aktifitas aktifitas manusia demi tujuan meningkatkan martabat, profesionalitas, persaingan sehat antar manusia.

DAMPAK GLOBALISASI

Dampak globalisasi ada yang positif dan tentunya ada yang negatif. Berikut ini merupakan dampak dampak globalisasi yang bisa meningkatkan kewaspadaan anda. Ingat! Tidak semua pesan pesan globalisasi bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari hari.

1). Dampak Positif

  • meningkatkan potensi diri seperti berintegritas, berkinerja, disiplin, mandiri, dan cerdas
  • Meningkatkan perkembangan sosial ekonomi ke arah produktivitas yang menguat demi daya kerja sosial dan ekonomi yang efektif dan efisien.
  • Taraf Kehidupan masyarakat di harap menjadi lebih baik
  • Menjamin kuantitas pemasaran di seluruh dunia
  • Menjamin dinamisasi perkembangan iptek, komunikasi, transportasi dan lain lain
  • Pergerakan dinamika kehidupan semakin cepat ( mobility )
  • Informasi cepat terakses dengan cara paling mudah dan up date
  • Pembangunan negara negara di dunia merata.

2). Dampak Negatif

  • Budaya asing mudah masuk tanpa bisa dicegah
  • Menurunnya rasa kesetiakawanan dan jiwa sosial
  • Terjadinya penyelundupan barang dari luar negeri
  • Kerjasama industri beralih pada industri luar negeri
  • Kerusakan lingkungan dan polusi terjadi begitu kronis
  • Rasa individualistis dan egoisme menjadi jiwa jiwa masyarakat
  • Paham Sekuler yang mendewakan dunia dibandingkan nilai nilai agama mulai berakar
  • Terjadi Kesombongan massal akibat nilai kekayaan yang luar biasa
  • Masyarakat mudah terpengaruh dengan nilai negatif budaya luar.

Itulah manfaat positif dan negatif akibat terjadinya globalisasi. Silahkan dicermati buah globalisasi, jika bermanfaat silahkan ambil dan jangan ragu untuk menghempaskannya jika ditemukan karya karya globalisasi justru merusak jiwa jiwa.

PROSES GLOBALISASI

Proses masuknya globalisasi dibaca dari fase fase yang melingkupinya. Ini dia, proses munculnya globalisasi tersebut.

  1. Fase Pertama

Globalisasi dianggap muncul pertama kali pada abad 15 ketika terjadinya proses transformasi ekonomi dari sistem feodalisme menjadi sistem kapitalisme. Fase ini, juga ditandai oleh tunduknya beberapa negara asia, Afrika, australia dan amerika latin kepada negara negara kulit putih

  1. Fase Kedua

Globalisasi semakin berakar di suatu waktu yang disebut dengan era interimperial trade yang didalamnya mulai terlihat progres perdagangan yang dilakukan oleh para penjajah. Nah, pada fase inilah, negara negara besar seperti amerika dan eropa mulut bersaing secara sehat dan kuat untuk memenangkan iklim perniagaan mereka.

  1. Fase Ketiga

Globalisasi fase ketiga ini ditandai oleh munculnya perdagangan internasional. Efek dari international trade ini adalah terjadinya konflik ekonomi yang cukup kuat

Baca Juga :

CONTOH CONTOH GLOBALISASI

Nah, kita sampai pada akhir uraian yaitu tentang contoh contoh globalisasi. Dengan contoh contoh ini, diharapkan kita bisa menerawang globalisasi menjadi lebih jelas.

  1. Masuknya Produk Asing ke dalam Market market kita
  2. Munculnya super market dan swalayan diantara pedagang pedagang konvensional
  3. Tenaga Manusia mulai disingkirkan oleh tenaga mesin
  4. Adanya Jual Beli Online
  5. Munculnya Teknologi Internet

Itulah pengertian secara lengkap tentang globalisasi yang bisa menambah wawasan anda sehingga bisa memanfaatkan globalisasi sebagai keuntungan tanpa harus melupakan identitas, etika dan hubungan kemanusiaan.

Baca Juga : Pengertian Identitas Nasional

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018