Pengertian Kultur Anther : Manfaat, Faktor Kelebihan dan Cara Pelaksanaannya

Pengertian Kultur Anther : Manfaat, Faktor Kelebihan dan Cara Pelaksanaa Kultur Anther – Kultur anther merupakan teknik baru yang tergolong ke dalam kultur jaringan dan dikembangkan pada beberapa tanaman guna memperoleh tanaman galur murni haploid ganda.

Pengertian Kultur Anther : Manfaat, Faktor Kelebihan dan Cara Pelaksanaa Kultur Anther

Pengertian Kultur Anther : Manfaat, Faktor Kelebihan dan Cara Pelaksanaa Kultur Anther

Hasil kultur anther ini sangat berpengaruh pada perbaikan dan peningkatan efisiensi program pemuliaan dan pembenihan tanaman.

Pengertian Kultur Anther

Metode ini akan menggunakan eksplan anther (kepala sari) untuk memperbanyak bahannya secara in vitro.

Sejarah kultur anther dimulai dengan keberhasilakn Guha dan Maheswari pada tahun 1966 di India dari tanaman Datura innoxia.

Baca Juga :

Hingga saat ini, kultur anther yang telah dilakukan adalah padi, gandum, kacang kedelai, kubis, cabe, anggur, tebu, kapas, tembakau, dan karet.

Mutasi seperti ini bersifat resesif karena hanya terjadi dalam sel. Monoploid dapat dibentuk dengan kultur anther diploid sehingga memungkinkan terjadinya ekspresi langsung. Tanaman yang diperoleh dari kultur anther ploploid tidak akan menjadi monoploid.

Umumnya, kultur anther diterapkan pada tanaman tembakau, serta termasuk metode yang sulit untuk diterapkan pada tanaman lainnya.

Kultur anther merupakan metode perbanyakan tumbuhan yang bertujuan untuk mendapatkan tumbuhan haploid unggulan sehingga dapat menghasilkan kultivar baru. Tumbuhan haploid hasil kultur anther mampu mendeteksi rekombinan.

Hal ini disebabkan mutasi resesif tidak akan terlihat pada keadaan diploid sehingga homozigot mendapatkan kromosom.

Kultur anther ini mampu menghasilkan tumbuhan monohaploid dan ketika dipadukan dengan mutagen akan mampu menghasilkan tumbuhan yang tahan terhadap penyakit dan cuaca.

Teknik kultur anther mampu mempercepat pemerolehan homozigositas. Namun, memiliki kelemahan yaitu hanya sedikit genotip yang bersifat responsif terhadap kultur anther.

Metode kultur anther hanya dapat dilakukan pada kuncup tanaman. Kegagalan metode ini seringkali disebabkan penyimpanan yang terlalu lama.

Kultur anther berisiko membentuk sifat resesif, namun akan berbeda jika kondisinya normal. Kelemahan lain dari kultur anther yaitu persentase reproduksi yang kecil.

Umumnya, teknik kultur anther membutuhkan media padat seperti agar. Namun, media padat ini mampu menghambat proses androgenesis. Oleh karena itu, bahan lain yang sesuai untuk digunakan yaitu agarose.

Media padat yang digunakan umumnya berbentuk gel yang mengandung seluruh komponen kimia yang dibutuhkan tanaman dan selanjutnya dipadatkan dengan penambahan zat pemadat.

Metode padat seperti ini bertukjuan untuk mendapatkan kalus, selanjutnya dengan bantuan medium diferensiasi mampu menumbuhkan akar dan tunas sehingga kalus dapat bertumbuhan menjadi planlet.

Manfaat Kultur Anther

Tujuan perlakuan kultur anther adalah mendapatkan cara perkembangbiakan tanaman dengan cepat dan seragam, serta mendapatkan tanaman yang lebih tahan lama di tempat penyimpanan benih.

Dengan pemanfaatan kultur anther, maka akan memberi peluang untuk mendapatkan homozigot murni atau homozigot haploid ganda yang dapat digunakan sebagai tetua persilangan maupun tanaman donor untuk tujuan produksi benih dalam waktu yang lebih singkat.

Selain itu, dari kultur anther diharapkan akan diperoleh berbagai informasi terkait perkembangna spadik anthurium, rasio tahap perkembangan mikrospora, viabilitas mikrospora, teknik isolasi dan media inisiasi kultur anther dan/atau mikrospora.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kultur Anther

Proses kultur anther sangat dipengaruhi oleh suhu kuncup bunga sebelum diisolasi dan disterilisasi.

Pada tanaman tembakau, produktivitasnya meningkat dengan penerapan metode kultur anther.

Selain itu, pada tanaman tembakau, respon kultur anther optimal pada seluruh fase. Sedangkan, pada tanaman lain hanya merespon pada tahap uninukleat.

Selain itu, penerapan kultur anther pada kebanyakan tanaman sangat dipengaruhi oleh kondisi tanaman dan usia tanaman.

Kultur anther akan lebih mudah diterima dengan baik pada kelompok bunga pertama.

Lebih lanjut, pemilihan bahan awal bagi kultur anther merupakan langkah yang sangat penting. Pemilihan genotip bahan awal berperan penting dalam menentukan keberhasilan kultur anther.

Selain itu, faktor yang mempengaruhi keberhasilan kultur anther adalah:

  • Tingkat perkembangan pollen
  • Perlakuan fisik sebelum inokulasi
  • Perlakuan kimia sebelum inokulasi
  • Media tumbuh
  • Genotipe tanaman donor
  • Kondisi tanaman donor
  • Lama penyinaran
  • Intensitas cahaya dari tanaman donor
  • Lingkungan inkubasi
  • Cara peletakkan anther

Kelebihan Kultur Anther

Keuntungan yang didapatkan dari kultur anther adalah:

  • Tanaman haploid sangat penting bagi pemulia tanaman, yaitu berguna untuk memperpendek masa pemuliaan tanaman. Baca Juga : Metode Seleksi Pemuliaan Tanaman
  • Mudah digunakan untuk mengidentifikasi adanya mutasi resesif, karena hanya ada 1 set kromosom
  • Kultur anther mampu menghasilkan homozigot double haploid (diploid) atau poliploid dengan diberi kolkisin untuk inbreeding dengan hasil hibrida unggul (super)

Cara Pelaksanaan Kultur Anther

Dalam pelaksanaan metode kultur anther, anther terbaik dikoleksi sebelum mulai pecah dan memasuki fase bunting dengan kandungan pollen yang berada pada level mid uninucleate stage.

Faktor penting yang perlu diperhatikan yaitu kapasitas regenerasi yang tinggi, kesesuaian dengan media pertumbuhan, perlakuan pada eksplan, dan lingkungan tumbuh. Kendala utama dalam pengembangan kultur anther adalah tingginya kontaminasi laten oleh bakteri (Xanthomonas axonopodis dieffenbachiae).

Baca Juga :

Eliminasi bakteri dilakukan melalui sterilisasi menjadi sulit karena bakteri dapat tumbuh dan berkembang secara sistemik, dengan menempati sel parenkim dan ruang antarsel pada seluruh jaringan.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *