Pengertian Penawaran Dan Permintaan

Diposting pada

Pengertian Penawaran Dan Permintaan – Didalam ekonomi terdapat penawaran dan permintaan yang saling memiliki kaitan, menjadi satu dalam bentuk harga dan jumlah barang.

Pengertian Penawaran Dan Permintaan
Pengertian Penawaran Dan Permintaan

Didalam setiap transaksi sehari-hari pasti terdapat penawaran dan permintaan, dengan harga dan juga jumlah barang tersebut saling berpengaruh satu sama lainnya.

Manusia telah diciptakan sebagai makhluk sosial. Makhluk sosial mempunyai ketergantungan antara manusia satu dengan manusia lainnya.

Baca Juga :

Guna Manusia saling memiliki sifat ketergantungan adalah untuk bertahan hidup dan dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya.

Manusia selalu membutuhkan barang dan jasa dari orang lain, contoh sederhana saja ya, manusia beli beras, kopi, gula atau hal lain yang kita butuhkan yang tidak mampu kita buat sendiri.

Manusia mencoba berusaha didalam memenuhi barang maupun jasa yang diproduksi oleh orang lain menyesuaikan akan tingkat apa yang diutuhkan dan kemampuannya. Didalam proses pemenuhan kebutuhan tersebut terdapat penawaran dan permintaan.

Apa yang dimaksud dengan penawaran dan permintaan ?

Langsung saja kita bahas mengenai apa itu penawaran

Pengertian Penawaran

penawaran ialah proses menawarkan beberapa barang atau jasa dengan harga yang sudah ditentukan dan dialam waktu yang sudah ditentukan juga, hal ini adalah usaha yang dilakukan orang yang menawarkan barang atau jasa (produsen) untuk memenuhi apa yang konsumen butuhkan (sipenerima barang atau jasa, orang yang ditawarkan akan barang atau jasa).

Baca : Pengertian Prilaku Konsumen

Penawaran dapat diambil kesimpulkan memiliki arti yaitu, beberapa barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan kepada peminat dengan harga dan juga waktu tertentu.

Pengertian Permintaan

Permintaan adalah beberapa barang atau jasa yang diminta atau yang dibeli oleh konsumen kepada produsen atau kepada si penjual, dengan harga dan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Konsumen membeli barang tersebut karena memang merupakan kebutuhan dari konsumen tersebut guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Unsur-unsur yang mencakup akan permintaan yaitu barang dan jasa yang telah ditawarkan dan menjadi permintaan.

Jadi kesimpulan akan arti dari permintaan ialah, beberapa barang yang dibeli atau konsumen minta pada harga dan waktu tertentu.

Permintaan mempunyai beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu antara lain :

  • Tingkat penghasilan dan pendapatan konsumen

Seseorang yang mempunyai atau mendapatkan gaji yang besar tiap bulannya ia akan beli banyak barang yang orang tersebut inginkan. Atau semakin besar pendapatan dari seseorang maka akan besar dan tinggi pula kebutuhan yang yang ia butuhkan.

Apabila seseorang memiliki penghasilan yang sedikit atau minim, maka orang tersebut akan irit seirit mungkin dan tidak terlalu banyak konsumtif.

  • Konsumen mempunyai selera

Selera konsumen ini mempunyai dampak yang penting loh terhadap permintaan.

  • Jumlah populasi didalam negeri

Ini juga merupakan hal yang penting yang perlu kita ketahui, karena semakin padat dan penuhnya penduduk, maka jumlah permintaan akan kebutuhan akan semakin meningkat.

  • Ketersediaan akan harga barang yang sama sebagai pengganti

Contoh saja, apabila teh hijau tidak ada, maka peminat gula akan menurun permintaannya.

  • Harga di masa mendatang

Jika suatu barang akan naik di masa depan, biasanya banyak masyarakat akan membeli barang tersebut didalam jumlah yang banyak.

Penawaran juga mempunyai beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu antara lain :

  • Biaya teknologi dan produksi

Apabila didalam pembuatan produksi produk harga tinggi maka sang produsen lebih sedikit dengan harga jual yang melonjak, takut tidak dapat bersaing dengan produk yang sama dan mengakibatkan produk tersebut tidak laku.

Karena adanya teknologi yang semakin canggih yang dapat mengakibatkan biaya produksi dapat minim dan dapat membuat harga turun.

  • Visi atau tujuan perusahaan

Semua perusahaan pasti ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Apabila perusahaan mau produk yang diciptakan laku dan menjadi serbuan pasar maka perusahaan tersebut menekan harga produk serendah mungkin dan mempunyai nilai untung yang rendah juga tidak tinggi, maka itu akna membuat daya tarik dan minat bagi para konsumen untuk membeli produk tersebut.

  • Pajak

Jika pajak tinggi, maka harga dari produk tersebut akan tinggi pula.

  • Stok dan harga produk pengganti dan juga pelengkap

Apabila ada pesaing lain yang menawarkan harga murah kepda konsumen maka konsumen pasti akan beralih ke produk yang lebih murah tersebut.

  • Harga dimasa depan

Jika harga jual naik dimasa mendatang si perusahaan akan menyiapkan diri untuk memperbanyak pengeluaran hasil produksi dengan mempunyai harapan dapat menjual dan menawarkan lebih banyak pada saat harga sedang mengalami kenaikan karena adanya berbagai faktor.

Hukum permintaan dan Hukum Penawaran

Apabila harga semakin murah atau rendah maka permintaan atau pembeli semakin banyak (barang laku).

Dan apabila harga tinggi atau mahala, maka permintaan atau pembeli semakin sedikit (tidak laku).

Hal ini terjadi karena masyrakat (konsumen) ingin mendapatkan kepuasan serta keuntungan dari harga yang ada tersebut. Dan jika harga tinggi maka pembeli akan sedikit atau membeli dengan tidak banyak mengingat uang yang mereka miliki sangatlah terbatas.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan mengenai penawaran dan permintaan, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi yang membaca ya. Terimakasih !

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *