Pengertian Antariksa Dan Tata Surya

Pengertian Antariksa Dan Tata Surya – Saat ini kita akan membahas pengertian antariksa dan tata surya dan alam sekitarnya, yang bumi dan langit adalah masuk didalamnya.

Pengertian Antariksa Dan Tata Surya

Pengertian Antariksa Dan Tata Surya

Bicara soal bumi dan langit, tentu ada hal yang harus kamu ketahui ada apa saja diatas langit ini, karena diatas langit terdapat benda-benda langit yang dikenal banyak orang dengan tata surya dan antariksa.

Apabila diamati dari luar angkasa, bumi dimana manusia hidup didalamnya ini terlihat sangat kecil, hanya seperti bola kecil yang bergerak mengelilingi matahari. Tidak hanya bumi ada juga planet yang lain yang mengelilingi matahari.

Baca Juga :

Pertama kita akan membahas mengenai alam semesta, dan apa yang dimaksud dari alam semesta ini.

Kita hidup di alam semesta yang tidak memiliki ukuran karena sangat besar sekali alam semesta yang kita pijak ini. Dan tata surya adalah merupakan bagian dari alam semesta. Karena alam semesta merupakan tempata dimana semua isi bumi dan langit. Alam semesta ini juga sering kita dengar dengan sebutan jagad raya.

Apa sih yang dimaksud dengan Antariksa dan tata surya ?

Pasti anda telah mengetahui banyak tentang tata surya dan antariksa.

Pengertian Antariksa

Antariksa adalah benda-benda yang terdapat diluar angkasa. Antariksa ialah personifikasi dari benda langit yang sangat tinggi atau yang ada di atmsofer. Antariksa juga dapat diartikan sebagai luar angkasa dan benda-benda yang terdapat diluar angkasa.

Pengertian Tata Surya

Tata surya adalah bagian dari alam semesta karena tata surya berada di jagad raya. Tata surya berada diatas langit karena memang tata surya adalah benda langit, dan langit adalah bagian dari alam semesta.

Menurut teori dari bing bang telah dijelaskan bahwa alam semesta telah terbentuk karena ada ledakan yang sangat besar yang terjadi 13.700 tahun yang lalu.

Dalam teori bing bang ini telah dijelaskan bahwa alam semesta dibentuk karena ledakan tersebut melemparkan berbagai macam jenis materi yang menghasilkan bintang, planet dan benda-benda tata surya di alam semesta.

Susunan Tata Surya

Tata surya mempunyai susunan dan anggota-anggotanya, berikut ini adalah susunan beserta anggota dari tata surya :

1). Bintang

Bintang adalah anggota tata surya yang mampu memancarkan cahaya sendiri. Maka dari itu banyak orang menyebut bintang adalah tata surya yang sangat istimewa.

Sistem tata surya ditemukan banyak sekali dan bintang tersebut tidak dapat dihitung berapa banyak jumlahnya. Pada Tata surya kita, mempunyai satu bintang yaitu matahari. Salah satu bintang yang sering dan memang kita rasakan pengaruhnya didalam kehidupan hari lepas hari.

Matahari disamping mempunyai fungsi  sebagai sumber cahaya, matahari juga merupakan sumber panas yang berguna untuk memberikan kehangatan pada planet dimana kita berada yaitu bumi.

Matahari juga memberikan banyak manfaat bukan hanya untuk manusia namun pada makhluk hidup lainnya, yaitu hewan dan tumbuhan. Pada tumbuhan matahri berfungsi untuk melakukan proses fotosintesis.

2). Planet

Planet adalah benda langit yang tidak bisa memancarkan cahaya namun dapat merefleksikan cahaya dari bintang. Sifat dari planet sangat berbeda dengan sifat yang dimiliki oleh bintang.

Pada tata surya kita ada planet yang mengitari atau mengelilingi matahari dimulai dari merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus dan neptunus.

Planet telah disusun oleh para ahli astronomi menjadi tiga susunan yaitu:

  • Susunan planet yang dilihat dari orbit bumu, dan terbagi lagi menjadi dua yaitu planet inferion dan planet superior.
  • Susunan planet yang berdasarkan susunannya, terdapat planet terrestial dan planet jovial. Planet terrestial merupakan planet dengan ukuran kecil, berbatu dan atsmofernya tipis, merkurius, venus, bumu dan mars yang termasuk dalam planet terrestial ini, sedangkan untuk planet jovial yang telah disusun dari gas, cairan dan es tebal yang ukurannya cukup besar, nama planet yang masuk didalam kategori planet jovian ini adalah sisa dari planet yang tidak termasuk golongan planet terrestial.

3). Satelit

satelit adalah benda yang terdapat diatas tata surya yang mengitari planet-planet. Contoh nya yaitu bulan yang mengelilingi planet bumi.

Semua satelit mengelilingi matahari sama dengan planet yang satelit tersebut putari. Satelit pada tata surya terbagi menjadi dua jenis yaitu : satelit alami dan satelit buatan.

Satelit alami adalah satelit yang telah Tuhan ciptakan yang murni dan dapat bergerak tanpa bantuan manusia, contohnya adalah bumi tempat dimana manusia tinggal.

Sedangkan satelit buatan adalah satelit yang telah dibuat oleh manusia dan pergerakannya pun manusia yang mengaturnya.

Baca Juga :

Tujuan dibuatnya satelit buatan adalah untuk suatu penelitan pengamatan benda-benda langit yang ada di ruang angkasa, contoh satelit palapa.

4). Komet

Komet adalah benda langit yang memiliki ukuran sangat kecil dan bergerak sangat cepat.

Itulah pembahasan mengenai pengertian antariksa dan tata surya beserta susunan dari tata surya, semoga dapat membantu dan bermanfaat ya. Terimakasih.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *